Menyongsong era industri 5.0, UMKM telah diprediksi oleh para pakar untuk menjadi kekuatan baru ekonomi Indonesia hingga dua puluh lima tahun mendatang. Dalam ekosistem digital yang kian berkembang, jumlah profil penggiat UMKM telah mencapai 4,8 juta merk dari seluruh tanah air. Mengingat hal ini, UMKM membutuhkan sistem kolaborasi yang memungkinkan pemilik usaha untuk mengembangkan value dan profit dari produknya melalui serangkaian aktivitas promosi yang mumpuni. Salah satu elemen terpenting dari aktivitas tersebut adalah perancangan desain kemasan. Kemasan memiliki peran penting dalam meningkatkan daya jual, diferensiasi, dan daya saing sebuah produk.
Sumber : Instagram Chokoo https://www.instagram.com/p/CK3BLlcFgho/
Perancangan desain kemasan untuk produk Chokoo – Chocolate Drink sebagai media promosi dengan menggunakan pendekatan storytelling sebagai penarik perhatian utama pada kemasan. Selain itu, untuk memperluas ekspansi market diluar dari booth penjualan saja, perancangan kemasan yang baik dapat membantu Chokoo terus berupaya untuk tetap mempertahankan rasa dan tekstur cokelat asli sebagai citra produknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan studi pustaka sebagai dasar perancangan desain kemasan yang baik dan tepat guna.
Sumber : Haswati, 2022
Sumber : Rahmania, 2022
Sumber : Rahmania, 2022
Tidak hanya itu, narasi juga menjadi salah satu strategi komunikasi atau marketing dalam perancangan ini. Oleh karena itu dengan memperluas ekspansi market diluar dari target sasaran di beberapa daerah, perancangan kemasan yang baik dapat membantu Chokoo terus berupaya untuk tetap mempertahankan rasa dan tekstur cokelat asli sebagai citra produknya, sampai tercipta karakter khas minuman cokelat asli pertama yang ada di Indonesia.
Tim Dosen
Ketua : Fariha Eridani Naufalina
Anggota 1 : Sri Maharani Budi H
Anggota 2 : Sheila Andita Putri
Anggota Mahasiswa
Shifaut Tazkiyah Rahmania
Kania Sabitha Ahada