Pendahuluan
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Barat akan menjadi role model penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam upaya mendongkrak daya saing UMKM di Indonesia. Upaya tersebut menjadi bagian kerja sama yang dibangun Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Pemprov Jabar dalam mempercepat proses penerbitan SNI untuk para pelaku usaha, agar mereka dapat berdaya saing, baik di pasar domestik maupun global. Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Pemprov Jabar memfasilitasi para pelaku usaha mengajukan SNI. Untuk mempermudah pelaku usaha, pihaknya bersama Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia (RI)juga mempercepat layanan penerbitan SNI melalui daring atau online single submission (OSS) (Agung bakti sarasa dalam IDX Channel).
Komunitas UMKM Saudagar Someah memiliki puluhan anggota pelaku usaha dari berbagai jenis usaha yang mewakili sebagian besar kecamatan di Kabupaten Bandung. Para pelaku UMKM Saudagar Someah dapat mengembangkan potensi produk maupun jasa yang ditawarkan sesuai dengan misinya bersinergi dengan program pemerintah dalam pengembangan usaha. Bermitra dengan Akademisi 5 dalam Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan pelaku UMKM. Melakukan pendampingan terhadap pelaku UMKM dalam bentuk pelatihan dan pembinaan. Membuka jaringan pemasaran bagi pelaku UMKM.
Komunitas Saudagar Someah menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa kekurangan dalam foto produknya seperti belum kurang tepatnya teknik foto produk yang digunakan. Sehingga konsumen tidak mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan oleh UMKM. Maka dibutuhkan Workshop Foto Produk dengan solusi yang akan dibuat dengan merancang dan mengaplikasikan foto produk yang sesuai.
Metode pelaksanaan kegiatan
Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop/pelatihan fotografi produk Bertujuan untuk menambah pengetahuan mitra terkait fotografi produk UMKM. Foto produk sendiri adalah suatu metode untuk mengambil gambar dengan teknik-teknitk tertentu dari sebuah produk. Foto produk ini bertujuan menarik perhatian dan memberi kesan tertentu. Metode transfer keilmuan diterapkan pada pelaksanaan PKM kali ini berupa sharing knowledge mengenai Workshop Foto Produk.
Partisipasi Mitra
Program Pegabdian Masyarakat ini berupa pengaplikasian ilmu dan transfer ilmu dari keilmuan yang dikembangkan tim dosen Program Studi DKV yang difasilitasi Bagian Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Telkom. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan menggunakan aplikasi konten kreatif digital, tata letak, fotografi untuk pengembangan konten kreatif digital yang terdiri dari ceramah dan diskusi mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar pemanfaatan dan pengaplikasian konsep dalam pengembangan konten kreatif digital serta pengetahuan dasar fotografi & tata letak dalam desain grafis. Kami mengharapkan Komunitas Saudagar Someah untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan besar harapan kami bisa berlanjut dengan topik lain yang sesuai dengan keilmuan Desain Komunikasi Visual.
Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Fakultas Industri Kreatif, kelompok pengabdian ini berfokus pada produk food & baverage. Pada produk food & baverage terdapat beberapa jenis produk, produk-produk kelompok kami meliputi bakso, bubur, katsu, bawang goreng dan batagor. Kegiatan diawali dengan berkumpulnya anggota-anggota saudagar someah pada ruangan kelas di Fakultas Industri Kreatif.
Anggota saudagar someah dikumpulkan pada ruangan untuk nantinya didistribusikan kedalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan kelompok produk masing-masing. Setelah didistribusikan, akan dilakukan sesi fotografi produk. Ruangan kelas telah di kondisikan menggunakan studio mini untuk melakukan sesi fotografi produk.
Fotografi produk yang pertama adalah produk bakso yang ditata dengan estetik agar dapat digunakan untuk preview produk pada marketplace yang akan dituju.
Fotografi produk yang pertama adalah produk bakso yang ditata dengan estetik agar dapat digunakan untuk preview produk pada marketplace yang akan dituju.
Berikut adalah foto-foto kegiatan dan hibah pengabdian masyarakat:
Setelah kegiatan, foto-foto yang didapatkan akan di lakukan editing untuk digunakan pada marketplace masing-masing UMKM. Foto-foto tersebut diharapkan dapat menarik dan meningkatkan penjualan dari setiap UMKM yang mengikuti pengabdian masyarakat ini.