Fotografi Produk untuk Memperkuat Pemasaran UMKM Kuliner di Kabupaten Bandung

Fotografi Produk untuk Memperkuat Pemasaran UMKM Kuliner di Kabupaten Bandung

Situasi Pandemi saat ini memaksa pemerintah dan masyarakat melalukan berbagai penyesuaian, Salah satu perubahan signifikan adalah pola belanja masyarakat, berdasarkan laporan “Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020” yang disusun oleh BPS (Badan Pusat Statistik), penjualan online mengalami peningkatan 480% di bulan April 2020. Tercatat tertinggi pada sektor makanan dan minuman hingga 1070%. Situasi bisa menjadi peluang yang positif bagi para pelaku UMKM daerah, seperti Kabupaten Bandung. Salah satu cara meningkatkan daya saing adalah melalui presentasi produk yang menarik, salah satunya melalui medium fotorgrafi. Foto produk yang representatif bisa memberikan konsumen gambaran produk yang jelas dan keputusan pembelian. Selain itu, foto produk yang baik diperlukan untuk mendukung perkembangan beragam media visual. Salah satu cara meningkatkan daya saing adalah melalui presentasi produk yang menarik, salah satunya melalui medium fotografi. Foto produk yang representatif bisa memberikan konsumen gambaran produk yang jelas dan keputusan pembelian. Selain itu, foto produk yang baik diperlukan untuk mendukung perkembangan beragam media berbasiskan visual.

Situasi Pandemi yang melanda Indonesia saat ini membuat perubahan dari pola perilaku dan kebijakan yang ada. Salah satu perubahan signifikan adalah pola belanja masyarakat, berdasarkan laporan “Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020” yang disusun oleh BPS (Badan Pusat Statistik), penjualan online selama pandemi mengalami peningkatan hingga 480% di bulan April 2020. Tercatat peningkatan tertinggi pada sektor makanan dan minuman hingga 1070%. Selain makanan, peningkatan lain juga terjadi pada sektor sandang, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, video camera, dan alat olahraga. Lonjakan ini juga didukung oleh diskon tanggal cantik serta Harbolnas.

Situasi ini bisa menjadi peluang positif bagi para pelaku UMKM daerah, seperti di Kabupaten Bandung. Dikutip dari artikel bisnis.com (1/12/2020), Bupati Bandung Dadan M Naser menginginkan agar para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas agar mampu bersaing secara nasional, bahkan global. Cara-cara yang bisa dilakukan melakukan pameran virtual dan non-virtual dalam skala nasional dan internasional. Daya saing ini juga menjadi penting bagi UKM sebagai sarana pemasukan bagi devisa negara serta sarana pemerataan tingkat ekonomi bagi rakyat kecil.

Salah satu cara lain meningkatkan daya saing adalah melalui foto produk yang menarik. Foto produk yang representatif bisa memberikan konsumen gambaran produk yang jelas yang kemudian membuat keputusan pembelian. Selain itu, foto produk yang baik diperlukan untuk mendukung perkembangan beragam media berbasiskan visual. Tentu saja, setiap produk mempunyai perlakuan yang berbeda secara teknis. Fotografi kuliner misalkan, memerlukan pencahayaan, komposisi, dan penggayaan yang khusus untuk bisa menterjemahkan persepsi rasa dan aroma ke dalam medium dua dimensi.

Mengingat pentingnya hal tersebut, maka pengajar dan mahasiswa dari program studi Desain Komunikasi Visual – Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom, akan melaksanakan pengabdian masyarakat bagi koperasi dan pelaku UKM dengan judul kegiatan “Fotografi Produk untuk Memperkuat Pemasaran UMKM Kuliner di Kabupaten Bandung”. Program ini dilaksanakan tiga orang dosen yaitu Rizki Yantami Arumsari, Patra Aditia, dan Atria N. Fadilla. Serta dua orang mahasiswa yaitu Dafin Sofiatun dan Erma Ramdayani.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi visual, wawancara dan studi pustaka . Diharapkan setelah program ini berlangsung, citra dan permintaan produk UMKM binaan Kabupaten Bandung sebagai masyarakat sasar dapat meningkat.

Berikut ini adalah beberapa hasil foto produk UMKM:

Video Dokumentasi pemotretan produk untuk UMKM:


Tim Pelaksana Kegiatan:
Dosen: Rizki Yantami Arumsari, Patra Aditia dan Atria N. Fadilla
Mahasiswa: Dafin Sofiatun dan Erma Ramdayani

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *