Hibah Desain Kemasan Produk Makanan untuk UKM Kabupaten Bandung

[:en]Program pengabdian masyarakat yang diselenggrakan oleh Dosen dan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual peminatan Menejemen Desain Fakultas Industri Kreatif Telkom University bekerjasama Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung sendiri memiliki banyak program dan masyarakat/usaha binaan yang mendirikan Usaha Kecil Menengah (UKM). Adapun peran Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung pada program ini sebagai fasilitator yang memberikan rekomendasi peserta program PkM berupa beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang bergerak di bidang makanan minuman di lingkungan Kabupaten Bandung. Program dikoordinir oleh Wirania Swasty dengan anggota terdiri dari Bijaksana Prabawa dan I Dewa Alit Dwija P. sedangkan dari mahasiswa diwakili oleh Meidina dan Reza Alamanda, yang diselenggarakan dari bulan Agustus sampai Desember 2019.

Program pengabdian masyarakat di perioritaskan pada pembinaan dan perancangan Kemasan Produk untuk meningkatkan nilai jual para pelaku UKM. Mengingat peran Kemasan sebagai wadah yang tidak dapat diabaikan. Kemasan diakui dapat menjadi alat pemasaran yang efektif yang dapat meningkatkan penjualan di ritel dan memicu proses keputusan pembelian, demikian pula bahwa perkembangan fungsi dan peran kemasan saat ini dengan desain kemasan yang menarik bisa menggoda konsumen untuk tahu lebih detail informasi produknya. Kepala Disperindag & UKM Kabupaten Bandung, Bambang Budirahardjo, menghimbau tentang kepada para pengusaha makanan dan minuman untuk membuat kemasan produk semenarik mungkin. Untuk itu, program pengabdian masyarakat kali ini ditekankan pada peningkatan nilai jual produk makanan/ minuman UKM Kabupaten Bandung melalui kemasan.

Selain memberikan pembinaan dan perancangan kemasan produk, kegiatan lain dari program pengabdian masyarakat yang berkesinambungan ini adalah : konsultasi dan strategi pemasaran, perancangan kemasan, pembuatan identitas (logo atau merek), pembuatan dammy kemasan dan hibah kemasan tepat guna. Beberapa produk usaha UKM kabupaten Bandung yang telah melalui pembinaan kemasan produk pada program pengabdian masyarakat ini baik melalui perancangan baru maupuan perancangan ulang dapat dilihat dalam foto-foto yang ditampilkan.

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *