[:en]Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Dkv Advertising Kepada Masyarakat Desa Wisata Saung Ciburial Desa Sukalaksana, Garut.[:]

[:en]Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh para pengajar, yaitu DR. Ira Wirasari, M.Ds, DR. Runik Magfiroh, M.Pd., Yelly A Barlian, M.Pd. dan Sri Nurbani, M.Hum.,  dan mahasiwa Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakutas Industri Kreatif Universitas Telkom untuk memberikan Pelatihan Pembuatan Media Promosi dan Creative Writing Untuk Desa Wisata Saung Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh para pengajar, yaitu DR. Ira Wirasari, M.Ds, DR. Runik Magfiroh, M.Pd., Yelly A Barlian, M.Pd. dan Sri Nurbani, M.Hum.,  dan mahasiwa Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakutas Industri Kreatif Universitas Telkom untuk memberikan Pelatihan Pembuatan Media Promosi dan Creative Writing Untuk Desa Wisata Saung Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop yang terdiri dari ceramah dan diskusi dan mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar pengembangan pariwisata (tourism development). Adapun kegiatannya dilakukan dengan metode transfer keilmuan berupa sharing knowledge mengenai branding destination dan creative writing yang masuk dalam ranah keilmuan desain komunikasi visual khususnya bidang advertising.


Diharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat membantu salah satu program pembangunan Kabupaten Garut yaitu pengembangan pariwisata guna mendukung perekonomian  masyarakat di pedesaan.

Adapun masyarakat sasar dari rencana pengabdian masyarakat ini adalah Kelompok Desa Wisata yang berada di Desa Sukalaksana, Garut. Sekitar 200-an masyarakat akan diberikan kepada beberapa sub kelompok petani dengan jumlah sekitar 20-30 orang yang terdiri dari pemilik, aparat desa, dinas terkait.
Setelah pemberian pelatihan selesai, para peserta diminta untuk membuat materi promosi sendiri sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Dengan demikian para peserta dapat menghasilkan atau membuat brandingnya sendiri dengan gaya dan kemampuan yang telah mereka miliki. Sehingga masyarakat dapat mengelola media promosi dengan branding yang mereka ciptakan sendiri sehingga memiliki kekhasan.


Berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Advertising kepada Para Masyarakat Desa Sukalaksana Kabupaten Garut, maka kami dapat menyimpulkan beberapa poin, yaitu:

  1. Para masyarakat Desa Sukalaksana kurang mengetahui cara-cara membuat materi promosi dan creative writing yang baik dan menarik.
  2. Setelah mendapatkan pelatihan pengelolaan media promosi sebagai sarana branding dan publikasi, diharapakan para pengurus dapat membuat media promosi yang efektif sehingga memberikan dampak yang positif kepada diri sendiri khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *