[:en]Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) Pelatihan Fotografi Untuk Masyarakat Pengelola Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut[:]

[:en]Pada hari Senin, 29 Oktober telah di laksanakan kegiatan dalam membantu mengembangkan promosi desa wisata melalui workshop fotografi pada sekelompok masyarakat sasar yang berada di bawah naungan pengelola Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut. Pada hari Senin, 29 Oktober telah di laksanakan kegiatan dalam membantu mengembangkan promosi desa wisata melalui workshop fotografi pada sekelompok masyarakat sasar yang berada di bawah naungan pengelola Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut.


Kegiatan yang di laksanakan ini bertujuan untuk memberikan sumbagsih keilmuan khususnya program studi Desain Komunikasi Visual untuk masyarakat umum, kemudian juga untuk membantu mengembangkan potensi dari desa wisata Ciburial ini melalui kegiatan pelatihan.

Adapun ringkasan kegiatan dari program ini adalah, memberikan pelatihan dasar mengenai alat, media dan teknik dasar memotret bagi pengelola desa wisata yang jumlah anggotanya sekitar kurang lebih 20 orang. Tujuannya setelah mengikuti pelatihan ini, para pengelola khususnya anggota masyarakat punya kemampuan dalam bidang fotografi khususnya memotret tempat wisata yang dapat digunakan sebagai media promosi.
Manfaat dari kegiatan ini antara lain, setelah mengikuti pelatihan, anggota masyarakat dari kegiatan abdimas ini diharapkan mempunyai kemampuan dalam bidang fotografi dapat menjadi bekal untuk ketrampilan mereka. Selain itu akan diberikan materi kewirausahaan di bidang fotografi, diharapkan juga ada manfaat lebih dari sekedar mengikuti pelatihan, yaitu masyarakat sasar ini dapat mencari peluang dan  secara mandiri mengembangkan usaha di bidang fotografi.

Kegiatan pelaksanaan abdimas dalam bentuk praktek dimana dilaksanakan oleh tim dosen DKV dengan terlenih dahulu melakukan kunjungan untuk mempresentasikan maksud, tujuan dan rencana kegiatan. Selanjutnya tim dosen mempersiapkan materi/ bahan untuk diberikan kepada masyarakat sasar. Mitra dalam pelaksanaan program abdimas ini adalah Pengelolaan Binaan Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut dengan Bapak Hadian (Pengelola Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Garut) sebagai kontak untuk semua kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Partisipasi dari mitra ini adalah menyediakan sarana/ tempat untuk kegiatan dan juga masyarakat dalam hal ini pemuda usia produktif sebagai peserta kegiatan abdimas.

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *