Pelatihan Aplikasi PowerPoint sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Pondok Pesantren Assubkiyah

Pelatihan Aplikasi PowerPoint sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Pondok Pesantren Assubkiyah

Pada masa pandemi Covid dan pemberlakuan PSBB di wilayah Jawa Barat, membuat segala kegiatan sehari-hari menjadi berubah, termasuk dalam bidang pendidikan. Siswa kini tidak bisa lagi mengikuti pelajaran dengan tatap muka dikelas, melainkan pembelajaran berubah menjadi daring. Hal ini juga terjadi pada sistem pendidikan di pondok pesantren. Salah satunya yaitu Pondok Pesantren Assubkiyah. Pondok Pesantren Assubkiyah merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional, yang hingga saat ini masih terus berkembang. Setiap tahun ajaran baru, selalu menerima murid tidak kurang dua kelas, fasilitas bangunan yang terus diperbaiki dan bertambah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga adanya program dalam pengembangan kurikulum dan sumber daya manusia. Pondok pesantren tersebut berlokasi di Kp. Sodong, Desa Nagrak, Kecamatan Cangkung, Kabupaten Bandung. Tidak jarang para orangtua mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti Pendidikan di pesantren ini, mulai dari Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP) hingga Madrasah Aliyah (setingkat SMA).

Kendala pembelajaran yang dialami oleh Pondok Pesantren Assubkiyah yaitu para pengajar yang berdomisili di luar Pondok Pesantren Assubkiyah tidak dapat dengan bebas keluar masuk pondok akibat ke khawatiran penyebaran virus. Selain itu kebiasaan proses pembelajaran yang dilakukan secara konvensional dengan menggunakan media papan tulis, kini harus digantikan dengan media digital. Namun hal ini masih belum diterapkan secara maksimal, selain dari segi fasilitas yang
tersedia masih minimal, juga disebabkan oleh keterbatasan kompetensi tenaga pendidik yang masih menjadi kendala.

Melihat adanya potensi yang bisa dikembangkan dari Pondok Pesantren Assubkiyah, maka pada program Pengabdian pada Masyarakat ini dilakukanlah “Pelatihan Aplikasi PowerPoint sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Pondok Pesantren Assubkiyah” sebagai upaya peningkatan kompetensi bagi tenaga pengajar di Pondok Pesantren Assubkiyah sehingga menjadi potensi pemberian nilai lebih bagi proses belajar mengajar maupun dalam kegiatan administratif.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2020, bertempat di ruang Multimedia Pondok Pesantren Assubkiyah, dan diikuti oleh 20 orang tenaga pendidik dari berbagai bidang keilmuan. Materi pelatihan disampaikan secara tatap muka, serta dipraktekkan secara langsung oleh peserta pelatihan, diharapkan dengan metode ini pelatihan yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami. Selain itu materi juga dikemas dalam bentuk video tutorial, sehingga dengan video tersebut diharapkan dapat dipelajari kembali dilain waktu. Berdasarkan pada hasil feedback yang diberikan oleh peserta pelatihan dapat disimpulkan bahwa 20 dari 20 orang (100%) menyatakan sangat setuju bahwa program pengabdian masyarakat ini sudah sesuai dengan tujuan kegiatan itu sendiri. Selain itu juga masyarakat setempat menerima dan mengharapkan program pengabdian masyarakat Universitas Telkom saat ini dan masa yang akan datang.

Tim abdimas :

  • Mohamad Tohir
  • Aisyi Syafikarani
  • Adya Mulya Prajana
  • Raihan Nagar Rinaldi
  • Fianisya Rana Pelangi
  • Ceka Elgy Dwi Putra

Foto Kegiatan:

Video Kegiatan:

Video Materi:

IAZ

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *