Pelatihan Desain Poster Interaktif Menggunakan Canva dalam Mendukung Sosialisasi Prosedur Pencegahan Covid-19 di Lingkungan SMP Bina Taruna Bandung

Pelatihan Desain Poster Interaktif Menggunakan Canva dalam Mendukung Sosialisasi Prosedur Pencegahan Covid-19 di Lingkungan SMP Bina Taruna Bandung

SMP Bina Taruna merupakan Sekolah Menengah Pertama yang memiliki letak strategis yaitu di Jl. Ciganitri 306, Kelurahan Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Hal ini membuat SMP Bina Taruna menjadi sekolah swasta pilihan penduduk sekitar untuk menempuh pendidikan tingkat menengah pertama. Saat ini SMP Bina Taruna sudah menjalankan PTM terbatas, berdasarkan pada wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa beberapa kelas SMP Bina Taruna sudah diatur dengan jarak yang sesuai dengan prosedur. Akan tetapi masih kurang adanya media informasi yang dapat memberi tahu kepada seluruh warga sekolah mengenai prosedur yang harus dilakukan saat berada di sekolah. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan solusi bahwa dibutuhkan adanya pelatihan bagi para guru SMP Bina Taruna Bandung untuk dapat mendesain media informasi yang mengajak warga sekolah untuk lebih sadar tentang pentingnya menjalankan prosedur PTM terbatas.

Gambar 1. Proses Pelaksaan Pelatihan Canva

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada hari Rabu, 25 Mei 2022 berlokasi di SMP Bina Taruna Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini diawali dengan pembukaan acara oleh sambutan dari Bapak Tatang, selaku Kepala Sekolah dari SMP Bina Taruna. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengabdian pada Masyakat yang menyampaikan sekilas mengenai tujuan dan harapan dari dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat tersebut.

Setelah pembukaan acara selesai, dilanjutkan ke kegiatan utama dari pengabdian ini yaitu tutorial penggunaan Canva. Tahap pertama, pemateri mengenalkan mengenai Canva dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan menggunakan Canva. Kemudiandilanjutkan dengan penjelasan mengenai cara mengoperasikan beberapa tools yang ada pada Canva, para peserta pelatihan langsung mempraktekan materi yang didapat. Sehingga akan mudah untuk dimengerti dan diaolikasikan kembali. Pengabdian ini dihadiri oleh 25 orang guru SMP Bina Taruna. Pelatihan dan proses diskusi berjalan dengan baik dan para peserta pelatihan memiliki rasa antusias yang tinggi dalam mengikuti pelatihan ini hingga akhir acara. Kegiatan pengabdian diakhiri dengan pemberian sertifikat secara simbolis dan pengisian kuesioner sebagai bentuk evaluasi hasil akhir.

Nama Anggota pelaksana Kegiatan:

Ketua:
Aisyi Syafikarani, S.T., M.Ds.

Anggota:
Rahmiati Aulia, S.Sn., M.M.
Olivine Alifaprilina Supriadi, M.Ds.
Raihan Nagar Rinaldi – 1601194067
Dlia Fakhirah – 1601204323

Link video:

Leave a Comment

Your email address will not be published.