Pelatihan Fotografi Produk Kuliner Menggunakan Smartphone Untuk UMKM Kuliner di Kabupaten Bandung

Pelatihan Fotografi Produk Kuliner Menggunakan Smartphone Untuk UMKM Kuliner di Kabupaten Bandung

Kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Telkom dimaksudkan untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada berlaku di masyarakat. Peminatan Designpreneur pada abdimas kali ini bekerjasama dengan Komunitas UMKM Saudagar Someah Bojongsoang yang memiliki program dan masyarakat binaan yang menjadi masyarakat sasar kegiatan pengabdian masyarakat.

Situasi Pandemi yang melanda Indonesia saat ini membuat perubahan dari pola perilaku dan kebijakan yang ada. Salah satu perubahan signifikan adalah dalam hal belanja, dimana selama pandemi ini minat masyarakat dalam berbelanja daring mengalami peningkatan. Dikutip dari merdeka.com, transaksi e-commerce sepanjang semester satu tahun 2021 tumbuh 63,4%. Tercatat peningkatan tertinggi pada sektor makanan dan minuman hingga 1070%. Situasi ini bisa menjadi peluang positif bagi para pelaku UMKM daerah, seperti Kabupaten Bandung. Dikutip dari artikel bisnis.com (1/12/2020), Bupati Bandung Dadan M Naser menginginkan agar para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas agar mampu bersaing secara nasional, bahkan global.

Salah satu cara lain meningkatkan daya saing adalah dengan memiliki foto produk yang menarik. Foto produk yang representatif bisa meningkatkan nilai jual dengan memberikan konsumen gambaran produk yang jelas yang kemudian membuat keputusan pembelian. Selain itu, foto produk yang baik diperlukan untuk digunakan sebagai sarana pemasaran media sosial terutama dalam media sosial instagram. Tentu saja, setiap produk mempunyai perlakuan yang berbeda secara teknis. Fotografi kuliner misalkan, memerlukan pencahayaan, komposisi, dan penggayaan yang khusus untuk bisa menterjemahkan persepsi rasa dan aroma ke dalam medium dua dimensi.

Melihat peluang di atas, pelatihan abdimas lanjutan ini difokuskan pada pelatihan Teknik foto khususnya untuk platform berjualan dr UMKM seperti; Instagram dan Facebook dari mitra sasar yaitu Komunitas UMKM Someah Bojongsoang. Mengingat kondisi pandemi yang belum kondusif, maka pelatihan ini akan dilakukan secara daring pada tanggal 21 Juni 2022 dengan menggunakan aplikasi Zoom. Pelatihan ini dihadiri dari 25 UMKM perwakilan dari Komunitas Saudagar Someah Bojongsoang di bidang kuliner.

Materi pelatihan ini diawali oleh narasumber yang kemudian dilanjutkan oleh sesi tanya-jawab. Paparan materi dibagi ke dalam beberapa sub-pokok bahasan, diantaranya :

  1. Alat bantu yang dibutuhkan di dalam pemotretan fotografi
  2. Cara mengambil foto dengan smartphone
  3. Layout di dalam menata produk
  4. Teknik pencahayaan
  5. Editing

Diharapkan melalui pelatihan ini, pelaku UMKM bisa menempatkan promosi produk mereka secara strategis dan baik. UMKM yang menjadi fokus dalam Abdimas kali ini adalah anggota Komunitas UMKM Saudagar Someah Bojongsoang di bidang kuliner, hal ini mengingat jumlahnya yang banyak, harga produk yang relatif terjangkau, serta konsumen yang berkesinambungan. Diharapkan melalui pendekatan fotografi yang representatif, UMKM Kuliner dapat meningkatkan daya saing di dalam dan luar negeri.

Tim Pelaksana Kegiatan:
Dosen:  Rizki Yantami Arumsari, Atria N. Fadilla dan Patra Aditia
Mahasiswa: Michelle Angelica dan Rachma Hadiati NS

Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Abdimas:

This image has an empty alt attribute; its file name is Screen-Shot-2022-07-06-at-11.11.59-1024x817.png

Link Video Dokumentasi Abdimas:

Leave a Comment

Your email address will not be published.