[:en]Pelatihan Kemasan bagi Usaha Kecil Menengah[:]

[:en]Pelatihan Kemasan bagi Usaha Kecil Menengah[:]

[:en]Ada banyak spesifikasi teknis yang harus dipenuhi kemasan di antaranya: harus aman, tahan lama, hemat biaya, dan tahan terhadap kerusakan dan lain-lain. Lebih dari itu, dibutuhkan keseluruhan desain kemasan yang dapat menjual produk. Ada banyak spesifikasi teknis yang harus dipenuhi kemasan di antaranya: harus aman, tahan lama, hemat biaya, dan tahan terhadap kerusakan dan lain-lain. Lebih dari itu, dibutuhkan keseluruhan desain kemasan yang dapat menjual produk.

Banyak pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) khususnya di Kabupaten Bandung masih belum memahami pentingnya kemasan yang persuasif dan menjual. Untuk itu, menarik bagi kami tim dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom mengangkat topik kemasan yang persuasif dalam program pengabdian masyarakat yang ditujukan bagi kelompok masyarakat yang kurang produktif.

Maksud dan tujuan yang ingin dicapai melalui program pengabdian masyarakat ini antara lain : Meningkatkan pengetahuan mengenai struktur dan material kemasan untuk produk kuliner Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Mengembangkan potensi kreatif pelaku UKM terutama di Kabupaten Bandung dalam memasarkan produknya.  Melatih kreatifitas membuat label atau PDP kemasan yang persuasif yang dapat membujuk konsumen untuk membeli produk.

Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan desain kemasan yang persuasif bagi pelaku UKM dan koperasi Kabupaten Bandung. Adapun manfaatnya adalah agar mereka mengetahui pentingnya kemasan dalam mempengaruhi pembeli dalam memilih dan membeli suatu produk di samping menjaga higienitas produk. Lebih lanjut lagi, selain segi estetis yang ditonjolkan, kemasan yang dirancang juga memperhatikan kesehatan manusia dan kebersihan lingkungan.

Pelatihan ini mengambil tempat di lantai 4 Gedung Fakultas Industri Kreatif Telkom University pada tanggal 2 Agustus 2018 dengan peserta sasar dari Koperasi dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari.

Mitra program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diusulkan ini adalah Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung. Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung sendiri memiliki banyak program dan masyarakat/ usaha binaan. Masyarakat sasar dalam hal ini merupakan Masyarakat Dunia Usaha (kecil, menengah) meliputi usaha rumahan, usaha kecil hingga kepada usaha menengah. Adapun jumlah peserta pelatihan sejumlah 35 orang.

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *