Pelatihan Media Digital dan Workshop Design Thinking bagi Pelaku UMKM pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (SIMAUNG)

Pelatihan Media Digital dan Workshop Design Thinking bagi Pelaku UMKM pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (SIMAUNG)

Dengan jumlahnya yang paling besar dalam perekonomian Indonesia, UMKM seringkali disebut menjadi tulang punggung perekonomian dan penunjang ekonomi daerah di Indonesia. Kehadiran UMKM dianggap sebagai sektor ekonomi yang tahan terhadap krisis dan penggerak perekonomian diharapkan mampu menunjukkan kemampuannya sebagai sektor ekonomi yang fleksibel dan adaptable terhadap situasi ekonomi apapun. Namun, situasi Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global termasuk di Indonesia, mampu memberikan gambaran bagaimana situasi ini memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap ketahanan para pelaku UMKM. Sebagian pelaku UMKM tampak tidak siap saat harus berhadapan dengan situasi pandemi dan perubahan yang mendadak, padahal bisnis yang mampu bertahan adalah bisnis yang responsif terhadap perubahan lingkungan. Selain kondisi pandemi, pada praktiknya juga masih terdapat banyak berbagai permasalahan yang kerap menyelimuti para pelaku di bidang usaha ini. Harusnya dengan situasi saat ini, justru sudah seharusnya para pelaku UMKM memetakan ulang permasalahan, mencari alternatif dengan berinovasi dan melek terhadap perkembangan media digital jika mereka igin bertahan dan melanjutkan kelangsungannya. Situasi dan kondisi demikian tersebut, tidak terkecuali dialami langsung oleh para pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi Mandiri Unggulan Kota Bandung (SIMAUNG).

Telkom University melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat atau biasa dikenal dengan kegiatan Abdimas menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang dilakukan bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi SIMAUNG. Kegiatan Abdimas ini diselenggarakan  oleh para Dosen dan Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Industri Kreatif (FIK) yang dilakukan dalam bentuk workshop Design Thinking yang terdiri dari penyampaian materi dan praktek yang terdiri dari beberapa tahapan metode design thinking yaitu emphatize, define, prototype dan test. Para peserta akan diminta memetakan permasalahan UMKM mereka dan menghasilkan inovasi terhadap produk/jasa mereka. Selain implementasi melalui kegiatan workshop design thinking yang diadakan untuk memetakan kembali permasalahan utama yang dihadapai oleh masing masing pelaku UMKM dan nantinya diharapkan menghasilkan inovasi produk/jasa yang mampu menjawab kebutuhan konsumen, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini juga telah diadakan pelatihan pengoptimalan dan penggunaan media digital melalui media presentasi interaktf guna menngembangkan kemampuan strategi pemasaran berbasis teknologi digital (digital marketing) bagi para pelaku UMKM tersebut.

Kegiatan Abdimas ini berjalan lancar dan disambut dengan antusias dan disambut dengan baik oleh para pesertanya yang terdiri dari 30 orang peserta. Acara diawali dengan sambutan dari Ibu Tita Wulansari selaku ketua dan penggiat UMKM serta pegiat Koperasi Mandiri Unggulan Kota Bandung (SIMAUNG), serta sambutan dari Ketua Pengabdian pada Masyakat yang menyampaikan sekilas mengenai tujuan dan harapan dari dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat tersebut.

Setelah pembukaan selesai, acara dilanjutkan ke kegiatan inti dari pengabdian pada masyarakat ini yaitu pemberian materi pelatihan media digital dan workshop design thinking dalam rangka menunjang penjualan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (Simaung). Pelatihan ini dihadiri oleh 28 orang Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (Simaung). Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop design thinking yang terdiri dari penyampaian materi dan praktek yang terdiri dari beberapa tahapan metode design thinking yaitu emphatize, define, prototype dan test. Para peserta akan diminta memetakan permasalahan UMKM mereka dan menghasilkan inovasi terhadap produk/jasa mereka. Dilanjutkan dengan pemaparan materi digital media yang terdiri dari ceramah dan diskusi mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar pengembangan aplikasi presentasi guna menunjang aktivitas pemasaran. Adapun kegiatannya dilakukan dengan metode transfer keilmuan/tutorial berupa sharing knowledge. Selain partisipasi sebagai peserta pelatihan, pihak Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (Simaung) juga aktif berpartisipasi dalam membantu memetakan permasalahan untuk dapat diketahui materi dan solusi apa saja terkait permasalahan yang dihadapi tersebut.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ditutup dengan pengisian kuesioner secara online bsebagai bentuk evaluasi hasil akhir serta foto bersama sebagai bentuk dokumentasi. Kegiatan ini dilaksanakan  di Hotel Mercure Nexa Bandung yang terletak  Jl. Supratman No.66 68, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 20 Maret 2021. Kegiatan dilakukan sesuai prosedur protokol kesehatan karena mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung hingga diadakannya kegiatan.

Seiring dengan diadaannya pelatihan ini maka diharapkan semakin meningkat pula skill dan pengetahuan yang dimiliki setiap UMKM serta dengan pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM juga dapat lebih siap untuk menghadapi segala jenis perubahan sistem dimasa yang akan datang yang terus berubah sesuai perkembangan zaman dan teknologi yang terus berkembang. (AA)

Video Kegiatan:

https://youtu.be/AIXcKspo7dA

Tim Abdimas
Dosen:
Aria Ar Razi, S.Ds., M.Ds. (20910020)
Rahmiati Aulia, S.Sn., M.M. (20880007)

Mahasiswa:
Raihan Nagar Rinaldi (1601194067)
Oktaviani Noor Bayan (1601190187)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *