“Pelatihan Merancang Video Profile dengan Teknik Motion Graphic sebagai media informasi SMP Bina Taruna Bojongsoang Kab. Bandung“

“Pelatihan Merancang Video Profile dengan Teknik Motion Graphic sebagai media informasi SMP Bina Taruna Bojongsoang Kab. Bandung“

Berkaca pada tahun ajaran baru 2020/2021, dimana banyaknya sekolah swasta yang kekurangan calon peserta didik dikarenakan masa pandemi yang berpanjangan menerpa seluruh dunia termasuk Indonesia. Jika biasanya calon peserta didik datang langsung untuk survey, bertanya menggali informasi mengenai kondisi dan administrasi sekolah. Pada saat ini tidak bisa dilakukan karena imbas pandemi Covid 19 yang menyerang sektor ekonomi dan terbatasnya interaksi sosial di masyarakat.  Hal tersebut juga dirasakan oleh SMP Bina Taruna Bojongsoang.  SMP Bina Taruna Bojongsoang merupakan SMP swasta yang berlokasi di Jl. Ciganitri No.36, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Berdasarkan observasi dan wawancara kepada Kepala Sekolah dan Pengurus Yayasan SMP Bina Taruna Bojongsoang menjelaskan bahwa terdapat beberapa permasalah yang dihadapi menjelang tahun ajaran baru 2021/2022 yaitu kurangnya informasi mengenai kondisi keberadaan sekolah dan masih kurangnya calon peserta didik. Hal tersebut menjadi permasalahan karena SMP Bina Taruna Bojongsoang yang notabennya merupakan sekolah swasta tidak dapat tergantung pada bantuan pemerintah, sekolah harus tetap bertahan walaupun minat calon peserta didik berkurang.

Melihat dari hasil observasi dan wawancara yang telah dijelaskan di atas, maka pada program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan “Pelatihan Merancang Video Profile dengan Teknik Motion Graphic sebagai media informasi SMP Bina Taruna Bojongsoang Kab. Bandung“ sebagai upaya memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh SMP Bina Taruna Bojongsoang.

Foto Kegiatan FIK Tel-U pada SMP Bina Taruna Bojong soang

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 27 April 2021, bertempat di SMP Bina Taruna Bojongsoang, dan diikuti oleh 21 orang tenaga pendidik dari berbagai bidang keilmuan. Pemaparan materi disampaikan secara langsung dibagi menjadi tiga sesi penjelasan yaitu: 1) Materi perkembangan media sosial. 2) Materi proses perancangan video profile motion graphic. Selain materi yang disampaikan, SMP Bina Taruna Bojongsoang juga mendapatkan karya video profile motion graphic dan hibah buku mengenai teknis merancang motion graphic yang dapat dipelajari di lain waktu. 3) Tutorial mengunggah video di media sosial Youtube.

Hasil dari capaian evaluasi dan feedback pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat SMP Bina Taruna Bojongsoang dikumpulkan melalui survey kuesioner dari 21 peserta yang hadir diisi oleh 16 peserta. Ke-16 peserta tersebut dapat dinyatakan valid hasilnya karena masih bisa dianggap merepresentasikan seluruh peserta yang hadir yaitu kisaran (76,1%). Maka hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa sebanyak (100%) peserta menyatakan bahwa SMP Bina Taruna Bojongsoang terbantu dan wawasan peserta bertambah. Apabila kegiatan yang serupa diadakan kembali para peserta menyatakan bahwa topik yang dibutuhkan pada pengabdian masyarakat selanjutnya mengenai pemanfaatan media videografi untuk membantu materi pembelajaran.

Tim:
DOSEN
Adya Mulya Prajana, S.Ds., M.Ds.
Aria Ar Razi, S.Ds., M.Ds.
Rully Sumarlin, S.IP, M.Ds.

MAHASISWA
Tanfizzul Majdi Kamal
Muhammad Renaldiansah
Firda Alivia Rahmani

Video Dokumentasi :

Video Profile SMP Bina Taruna Bojongsoang :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *