[:en]Pelatihan pengelolaan website pondok pesantren pembangunan Sumur Bandung Cililin Kab Bandung Barat[:]

[:en]Program kegiatan abdimas ini adalah kegiatan para pengajar dan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakutas Industri Kreatif Universitas Telkom dalam membantu merancang media informasi dan publikasi online untuk Pondok Pesantren Pembangunan, dengan tema Pelatihan pengelolaan Website Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Bandung Cililin Kabupaten Bandung. Pendidikan pondok pesantren sering dinomorduakan, bahkan jarang dilirik oleh para orang tua karena sepi dan jauh dari sorotan media dan promosi media sosial.

Pendidikan pesantren sering didikotomi dengan pendidikan masalah keakhiratan saja dengan mengesampingkan dunia. Padahal, Pendidikan pondok pesantren sekarang ini sudah mengadopsi kurikulum pendidikan umum disamping Pendidikan nilai-nilai keagamaan. Meskipun demikian, tetap saja jumlah peminatan calon siswa yang mendaftar ke pendidikan pondok pesantren masih di bawah harapan. Permasalahan yang diidentifikasi oleh tim PPM terkait kurangnya minat calaon peserta dan orangtua didik melirik pesantren meskipun sistem dan kurikulum pendidikannya sudah modern, dikarenakan belum dan atau tidak dikenalnya pesantren-pesantren tersebut yang disebabkan oleh jauhnya dari liputan media dan kurangnya promosi yang dilakukan oleh pihak pesantren karena terbatasnya media, diharapkan akan teratasi dengan dibuatnya media promosi online berupa Website.

Pada era digital sekarang ini, dimana hampir 80% pangsa pasar pendidikan itu sudah melek terhadap internet, kegiatan promosi yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengandalkan media promosi online dengan memanfaatkan jejaring dan media social. Program pengenalan kegiatan-kegiatan unggulan dan pilihan pendidikan pondok pesantren dapat dieksplor dan diekspos dengan desain yang menarik, interaktif dan informatif. Berdasarkan permasalahan dan solusi yang ditawarkan, pengabdian masyarakat periode I 2018 ini sudah dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2018 berupa kegiatan memberikan pelatihan dan sharing mengenai pembuatan dan pengelolaan website pondok pesantren sebagai media pengenalan dan promosi online pondok pesantren pembangunan di Cililin Kabupaten Bandung.

Tim pengabdian masyarakat:

Siti Hajar Komariah, S.Pd., M.M.
Ananda Risya Triani, S.Ds., M.Ds.[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *