[:en]Pelatihan Pengembangan Website Pondok Pesantren Miftahul Falah Kecamatan Gedebage Bandung [:]

[:en]Pondok Pesantren Miftahul Falah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di Gedebage Selatan, Rancasari, Bandung, merupakan lembaga pendidikan tradisional yang hingga saat ini masih berjalan dan berkembang. Tidak jarang para orang tua yang beragama Islam mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti pendidikan di pesantren, mulai dari anak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Salah satunya adalah di Pondok Pesantren Miftahul Falah, Gedebage Selatan, Rancasari, Bandung. Pondok pesantren tersebut menyelenggarakan pendidikan madrasah diniyah awwaliyah, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah, juga sekolah umum serupa SMP dan SMA.

Salah satu pendidikan tradisional yang hingga saat ini masih berjalan bahkan berkembang yaitu pesantren. Tidak jarang para orang tua yang beragama muslim mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan di pesantren, dimulai dari anak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Salah satunya yaitu Pondok Pesantren Miftahul Falah yang berlokasi di Gedebage Selatan, Rancasari, Bandung. Pondok pesantren tersebut dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Falah yang telah berdiri sejak tahun 1950. Yayasan tersebut juga menyelenggarakan pendidikan madrasah diniyah awwaliyah, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. Baik madrasah maupun pondok pesantren selalu menerima santri dan peserta didik baru, dengan harapan ke depannya dapat terus mengembangkan program pembelajaran, fasilitas dan media informasi. Media informasi secara online sudah dimiliki dengan adanya website pesantren yang memberikan informasi terkait pesantren dan madrasah.

Kendala utama dari konten informasi yang terdapat dalam suatu website adalah kurangnya pengelolaan konten web. Hal ini berakibat web yang sudah ada tidak memberikan informasi yang terbaru. Pengelolaan konten web ini terkait dengan kemampuan dan kemauan pihak pengelola dalam meng-update konten web mereka. Khusus untuk website Miftahul Falah, kendala yang sama juga terjadi di sana. Selain itu pemanfaatan media sosial sebagai jangkar untuk menarik para pengguna online untuk menuju ke sumber utamanya yaitu website masih belum dimanfaatkan dengan benar. Berbagai alternatif media sosial dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut.

Melihat permasalahan-permasalahan tersebut yang memang kaitannya dengan faktor sumber daya manusia. Maka perlu untuk menjadi perhatian akan suatu pelatihan yang dapat menjembatani permasalahan tersebut. Dengan pelatihan yang jelas dan padat serta tepat sasaran diharapkan para pengelola nantinya dapat mempunyai kemampuan yang baik dalam mengelola media websitenya dan juga konten-konten di media sosial lainnya. Sehingga informasi mengenai Pesantren Miftahul Falah ini dapat benar-benar merupakan informasi terbaru dan meliputi semua informasi yang disediakan oleh pihak Pesantren.

 [:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *