Pemanfaatan Limbah Kayu Mahoni menjadi Permainan Anak Usia Dini di Masa Pandemi sebagai Media Edukasi Pos PAUD Fathonah

Pemanfaatan Limbah Kayu Mahoni menjadi Permainan Anak Usia Dini di Masa Pandemi sebagai Media Edukasi Pos PAUD Fathonah

Oleh: Tim Dosen Desain Interior

Ketua : Rizka Rachmawati S.Ds., MBA/NIP. 14890047
Anggota : Imtihan Hanom S.Sn., M.Ds/NIP. 15870084
Rara Siti Raudhoh/NIM 1603150133

Di saat pandemi seperti ini, Pos PAUD Fathonah sedang tidak menjalankan proses belajar mengajar di sekolah. Namun kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan di rumah masing- masing dengan berbagai macam kendala tentunya. Salah satu kendala yang dihadapi adalah sulitnya penyampaian materi melalui sarana permainan edukatif ke rumah masing-masing siswa karena terbatasnya peralatan edukatif yang dimiliki oleh Pos PAUD Fathonah. Adanya permasalahan tersebut membuat kami tim pengabdian masyarakat berinisiatif untuk membuat sebuah inovasi dari limbah kayu mahoni sebagai bahan terjangkau untuk dapat dijadikan alat permainan sederhana yang aman dimainkan anak di rumah. Hal ini diharapkan dapat mempermudah pengajar maupun orang tua ketika mendampingi anak mereka belajar di rumah masing-masing. Produk akhir dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi solusi yang aman dan dapat menjadi acuan bagi pihak mitra untuk mengembangkan aneka produk permainan edukatif dari bahan sederhana seperti material olahan limbah kayu.

Lokasi Pos PAUD Fathonah Ciganitri, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung

Dalam mengupayakan perlindungan kesehatan yang optimal bagi anak di masa pandemi dan tetap dapat terasah kemampuan edukasi sensori dan motoriknya, maka lembaga PAUD perlu melakukan usaha yang maksimal untuk menjaga keberlangsungan serta keamanan proses bermain dan belajar anak didik mereka. Hal ini dapat diupayakan melalui desain sarana edukatif yang mendukung keamanan fasilitas belajar PAUD Fathonah. Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini mengambil fokus pada permasalahan yang terpenting untuk segera disolusikan guna meningkatkan taraf kehidupan penghuni PAUD Fathonah di situasi pandemi saat ini.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu survey terkait potensi pengolahan limbah kayu mehoni menjadi produk permainan anak. Langkah kedua adalah pembuatan fasilitas permainan edukatif untuk dapat dimainkan di rumah masing-masing sesuai dengan arahan pengajar Pos PAUD Fathonah. Adapun rangkaian rinci terkait kegiatan PKM adalah sebagai berikut:

1. Pematangan dan pengolahan konsep pengolahan limbah kayu industri oleh Dosen desain Interior Telkom University.

2. Demonstrasi oleh Tim Mahasiswa dan Dosen Desain Interior menggunakan software 3D yang dirender untuk memperlihatkan desain permainan edukatif untuk Pos PAUD Fathonah.

3. Praktek pembuatan perancangan aneka alat bermain edukatif yang ekonomis, sehat, higienis, aman dan menunjang kenyamanan ketika anak-anak memainkannya secara mandiri di rumah. Berikut adalah gambaran bentuk limbah olahan kayu, yang akan diterapkan pada permainan edukatif.

4. Sosialisasi pada guru dan tim pengajar Pos PAUD Fathonah dalam mengoperasikan alat bermain hasil inovasi pengolahan limbah kayu ini.

Gambar.1 Tumpukan Limbah Kayu

APE dalam itu sendiri merupakan segala bentuk permainan yang dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini. Penelitian (Sanders, 2016) menunjukkan bahwa permainan sensori dan motoric membangun kondisi saraf di jalur otak, yang nantinya mengarah pada kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas belajar yang lebih kompleks. Jenis permainan ini juga dapat membantu anak dalam mengembangkan dan meningkatkan memori. Berikut adalah proses desain APE dalam dari bahan limbah kayu sisa produksi pabrik furnitur.

Gambar 2. Proses Desain APE Jam Kayu dan Rumah Pas Angka

Gambar di atas merupakan proses desain alat permainan edukatif berupa jam kayu yang digunakan untuk membantu anak mengenal waktu. Cara mengoperasikannya, anak dapat memutar jarum jam yang dibuat beda warna tersebut secara manual agar dapat mempelajari waktu dalam sehari. 

Gambar 3. APE Jam Peraga dan Rumah Pas Angka berbahan Kayu Sisa Produksi

Permainan edukasi ini merupakan salah satu permainan yang menstimulasi sensori dan motorik halus. Permukaannya diberi cat pewarna yang ramah lingkungan, sehingga aman bagi anak-anak. Produk desain sensori board ini diserahkan dari tim Dosen Desain Interior Telkom University kepada Pos PAUD Fathonah, Ciganitri, Desa Lengkong, Bandung, Jawa Barat.

Gambar 4. Serah Terima Produk Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Masyarakat sasar yaitu masyarakat di Pos PAUD Fathonah ini mengharapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus berkelanjutan dikemudian hari. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya fasilitas interior terkait kegiatan belajar mengajar yang masih belum memenuhi standar fasilitas belajar mengajar di Pos PAUD Fathonah ini. Dan juga mitra memberi gambaran kedepannya agar koordinasi antara pihak kampus dengan petugas dilapangan. Harapan besar dari pihak mitra adalah dengan terjalinnya kerjasama secara berkelanjutan maka akan meningkatkan mutu pendidikan khususnya bagi anak usia dini di Indonesia.

Video Kegiatan
:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *