[:en]Pembuatan Material Promosi Desa Sukalaksana sebagai Desa Wisata Ciburial di kecamatan Samarang Kabupaten Garut [:]

[:en]Saung Ciburial merupakan destinasi desa wisata yang dikembangkan dan dirintis di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Kabupaten Garut pada tahun 2010 guna memberdayakan seluruh aspek internal desa dengan landasan kreativitas dan kemandirian. Desa wisata Saung Ciburial selain menjual panorama indah alam pedesaan juga menawarkan wisata edukasi, dengan menekankan pada unsur pendidikan yang dilatarbelakangi dengan berbagai kearifan lokal masyarakat setempat, sehingga perlu adanya pengembangan kegiatan pemasaran ke arah yang lebih baik.

Dasar dari pengembangan kegiatan pemasaran adalah komunikasi dan promosi produk wisata, Saung Ciburial mempunyai permasalahan promosi, promosi dalam pemasaran produk wisata berperan sebagai pendukung transaksi dengan membujuk, mengingatkan dan membedakan produk wisata yang dipromosikan dengan produk wisata dari tempat lain. Untuk itu perlu direncanakan pembuatan “promotion material” yang baik agar kesan Saung Ciburial memenuhi keinginan “potential consumer” yang diharapkan akan mengunjungi desa wisata saung Ciburial.

Tujuan yang ingin dicapai dalam promosi wisata Saung Ciburial adalah untuk memberitahukan (informing) produk wisata Saung Ciburial, membujuk (persuasing) calon wisatawan agar berkunjung ke desa wisata Suang Ciburial dan untuk mengingatkan (reminding) untuk menjaga agar ingatan wisatawan tetap jatuh pada Saung Ciburial.

Ringkasan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pengabdian masyarakat di desa wisata Saung Ciburian dengan beberapa langkah, langkah pertama mendefinisikan masalah, langkah kedua mengumpulkan data primer dan sekunder, langkah ketiga menganalisis informasi dan mengolah agar bisa mencapai hasil temuan yang berguna bagi pengelola, dan langkah terakhir adalah laporan riset dan mengambil keputusan dalam merekomendasikan hasil desain pada berbagai media yang diperlukan dalam pengembangan desa wisata Saung Ciburial.

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *