Perancangan dan Hibah Desain Media Promosi Berbasis Cetak pada UMKM Industri Makanan Kabupaten Bandung

[:en]Program pengabdian masyarakat ini diselenggarakan oleh Dosen dan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual peminatan Menejemen Desain Fakultas Industri Kreatif Telkom University bekerjasama Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bandung. Program ini menjadi keberlanjutan dari program-program terdahulu, yaitu bagaimana keilmuan desain berperan aktif memberdayakan kinerja UMKM. Pada program kali ini berfokus kepada bagaimana mengaktivasi fungsi pemasaran UMKM melalui media promosi

Telkom university sebagai penyelenggara program berperan sebagai perancang sekaligus pemberi hibah bagi masyarakat sasar dalam hal ini UMKM. Adapun peran Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bandung pada program ini sebagai mitra sekaligus fasilitator yang memberikan rekomendasi peserta program PkM yaitu  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan mereka yang bergerak di bidang makanan minuman. Program dikoordinir oleh Bijaksana Prabawa dengan anggota terdiri dari Wirania Swasty dan Patra Aditia yang diselenggarakan dari bulan Agustus sampai Desember 2019..

Promosi merupakan suatu proses yang digunakan untuk membangun kesadaran pelanggan sekaligus sebagai media persuasi terhadap produk yang ditawarkan. Peran promosi sangat penting bagi para pelaku usaha baik usaha skala besar maupun usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan melakukan promosi berarti pelaku usaha melakukan komunikasi mengapa pelanggan harus menerima dan memilih produk dari merek tersebut. Pada konteks pelaku usaha kecil atau UMKM, pemahaman dan kesadaran untuk melakukan promosi sudah ada, yang menjadi permasalahan adalah ketidak mampuan dalam melakukan visualisasi dari setiap media promosi yang diperlukan. Perancangan visual, membutuhkan kemampuan memproses value dan pesan yang ingin di komunikasikan ke pelanggan dan kemudian di eksekusi melalui pendekatan keilmuan desain.

UMKM berbasiskan makanan memiliki potensi yang besar, hanya saja kesadaran, biaya, dan strategi melakukan promosi belum dimiliki. Penerapan media promosi cetak dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan produk-produk makanan binaan Kabupaten Bandung. Media cetak sebagai promosi juga dipilih dengan pertimbangan biaya yang lebih relatif lebih murah penterasi yang lebih mudah ke audiens. Seiiring dengan peningkatan brand maka diharapkan semakin meningkat pula kesejahteraan setiap UKM yang terlibat. Beberapa hasil perancangan media promosi pada program pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dalam foto-foto yang ditampilkan dibawah ini:

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *