Perancangan Logo dan Implementasinya pada Stationery untuk UKM Industri Fesyen Kabupaten Bandung

[:en]Logo memiliki peran yang penting bagi para pelaku usaha baik usaha skala besar maupun usaha kecil menengah (UKM). Secara umum fungsi logo adalah sebagai identitas diri, sebagai tanda kepemilikan, sebagai tanda jaminan kualitas, dan untuk mencegah peniruan (Swasty, 2017). Logo dapat diibaratkan seperti sebuah wajah yang menjadi kesan pertama bagi yang melihatnya, oleh karena nya sebuah logo menjadi sesuatu yang harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo. Salah satu hal lainnya yang harus diperhatikan selain logo adalah stationery, yang merupakan penunjang aktivitas sebuah bisnis. Desain stationery merupakan citra dari sebuah bisnis atau perusahaan. Jika desain stationery nya baik maka baiklah citra bisnis tersebut di mata publik.

Logo yang diimplementasikan ke dalam stationery dan dirancang dengan baik dapat mempermudah perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pembeli, investor atau mitra bisnis. Akan tetapi, kesadaran akan hal itu di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) khususnya di wilayah Kabupaten bandung masih rendah karena kurangnya pemahaman akan perancangan logo dan implementasinya ke dalam stationery.
Mengingat pentingnya hal tersebut, maka civitas akademika dari program studi Desain Komunikasi Visual – Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom, melaksanakan pengabdian masyarakat bagi koperasi dan pelaku UKM di Kabupaten Bandung pada periode bulan Agustus – November 2019. Program ini dilaksanakan oleh tiga orang dosen yakni Rizki Yantami Arumsari, Didit Widiatmoko, dan Atria Nuraini Fadilla serta dua orang mahasiswa yakni, Lintang Ayuningtas dan Fanny Rahayu.

Adapun hasil perancangan logo dan implementasinya adalah sebagai berikut:

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *