PERANCANGAN MARKA GRAFIS PROTOKOL KESEHATAN PADA SMP BINA TARUNA BANDUNG

 PERANCANGAN MARKA GRAFIS PROTOKOL KESEHATAN PADA SMP BINA TARUNA BANDUNG

Pada perkembangan situasi pandemi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua, SMP (Sekolah Mengengah Pertama) Bina Taruna saat ini telah berupaya untuk melaksanakan Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas. Sekolah yang terletak di Jl. Ciganitri 306, Kelurahan Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung Jawa Barat ini remasuk dalam lokasi yang strategis bagi  para warga yang berada di sekitar wilayah tersebut.  Hal ini membuat SMP Bina Taruna menjadi sekolah swasta pilihan penduduk sekitar untuk menempuh pendidikan tingkat menengah pertama. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan sebelumnya, situasi kelas yang digunakan untuk kegiatan belajar pada SMP Bina Taruna sudah diterapkan beberapa pengaturandengan jarak yang sesuai dengan prosedur dan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah, Namun, penerapan ini belum dibantu dengan marka grafis yang berfungsi sebagai penanda pada berbagai pengaturan yang disesuaikan dengan protokol Kesehatan.  Dibutuhkan adanya perancangan marka grafis protokol kesehatan pada SMP Bina Taruna Bandung untuk dapat memudahkan warga sekolah menerapkan prosedur protokol kesehatan pada kegiatan PTM terbatas. Dengan adanya marka grafis ini diharapkan membantu warga sekolah SMP Bina Taruna dalam melaksakaan kegiatan belajar mengajar.

Media marka akan mendukung sistem tanda (sign system) yang ada dan akan memudahkan penggunanya untuk tetap terpandu oleh sistem tanda selain itu penggunanya juga akan lebih dari sistem protokol kesehatan yang diterapkan pada pelaksakaan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan ini, maka dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan adanya perancangan marka grafis protokol Kesehatan pada SMP Bina Taruna Bandung untuk dapat memudahkan warga sekolah menerapkan prosedur protokol kesehatan pada kegiatan PTM terbatas. Marka grafis ini seharusnya tidak hanya terdapat pada situasi saat siswa memasuki kelas namun juga bisa sebagai petunjuk pada area mencuci tangan dan antrian lainnya.

Gambar 1. Desain Marka Grafis Protokol Kesehatan SMP Bina Taruna

Bentuk kegiatannya adalah melakukan sosialisasi mengenai fungsi marka grafis untuk membantu pelaksanaan protokol Kesehatan pada pertemuan tatap muka terbatasdan mendukung penegakan prosedur pencegahan Covid-19 di Lingkungan SMP Bina Taruna Bandung. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa “Perancangan Marka Grafis Protokol Kesehatan pada SMP Bina Taruna” dilakukan pada Hari Rabu, 25 Mei 2022, Pukul 09.00 Pagi di lokasi SMP Bina Taruna, Jl. Ciganitri 306, Cipagalo, Bojongsoang, Bandung.

Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan agenda sosialisasi dan penyerahan desain marka grafis secara simbolis oleh ketua Pengabdian Masyarakat kepada kepala sekolah SMP Bina Taruna yang disaksikan oleh para peserta yang hadir.

Gambar 2. Penyerahan Marka Grafis secara simbolis

Acara kemudian ditutup dengan pengisian kuesioner sebagai bentuk evaluasi hasil akhir sehingga para peserta pelatihan dapat memberikan masukan. Selain itu dilakukan pemasangan marka grafis pada lantai SMP Bina Taruna

Gambar 3. Pemasangan Marka Grafis Protokol Kesehatan SMP Bina Taruna

TIM PENGABDIAN MASYARAKAT:

Ketua: Aria Ar Razi, S.Ds., M.Ds. (20910020)

Anggota Dosen:
Rully Sumarlin, S.IP., M.Ds. (20770001)
Adya Mulya Prajana, S.Ds., M.Ds (20920018)

Anggota Mahasiswa:
Raihan Nagar Rinaldi (1601194067)
Oktaviani Noor Bayan (1601190187)

Leave a Comment

Your email address will not be published.