Perancangan Media Pemasaran dengan metode Inbound Marketing bagi UKM Industri Kerajinan di Kabupaten Bandung

[:en]Industri kerajinan di Kabupaten Bandung memiliki spektrum beragam yang masing-masingnya memiliki potensi luar biasa untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah. Beberapa contoh dari industri kerajinan yang terdapat di Kabupaten Bandung adalah perhiasan, souvenir, asesoris, fesyen, mainan, alat peraga dan jenis lainnya. Faktor penting yang membuat industri kerajinan sangat potensial untuk membantu meningkatkan perekonomian daerah, bahkan mampu bersaing dengan produk-produk dari luar adalah kualitas yang memang layak dan memiliki standardisasi mutu yang baik.

Para pengusaha industri kerajinan di Kabupaten Bandung ini juga memanfaatkan beragam media untuk mempromosikan dan menjual produk-produk kerajinannya kepada khalayak luas. Media sosial di dunia maya sudah menjadi pilihan utama bagi kebayakan pengusaha ini, meski saluran-saluran penjualan tidak hanya dari media sosial mereka juga memanfaatkan event-event seperti pameran maupun ekspo baik didalam maupun luar negeri. Meskipun sudah menggunakan saluran-saluran publikasi untuk mempromosikan dan menjual produk-produknya namun ada beberapa kendala dalam hal promosi, terutama yang berkaitan dengan kompetisi produk pada sejenis dan terbatasnya dana promosi.

Berkenaan dengan hal tersebut pada kesempatan ini tim dosen dan mahasiswa DKV Telkom University melalui program Pengabdian kepada Masyarakat periode 2019 – 2 mendapatkan kepercayaan untuk membantu para pengusaha UKM dalam memecahkan solusi dari permasalahan tersebut. Setelah melalui proses seleksi UKM-UKM yang dibina oleh Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bandung, terdapat 3 UKM yang berpotensi untuk dibantu kegiatan pemasarannya (melalui media online) dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, yaitu Kerajinan Wayang Golek Girilaya, Yuper DNS Collection, dan Harrel Adventure.

Untuk memenuhi kebutuhan promosi dan publikasi guna memperluas pasar dengan biaya yang terjangkau, salah satu metode yang digunakan adalah inbound marketing yang penekanannya berfokus pada aspek visual. Secara umum inbound marketing digunakan karena sejalan dengan teknologi di era digital yakni bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain. Melalui beragam saluran di media digital inbound marketing berfokus pada pembuatan konten yang berisi tentang penyampaian value dan benefit sebuah perusahaan/ produk dengan cara yang menarik, utamanya melalui aspek visual.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai ragam media online yang pada umumnya digunakan oleh para UKM yang telah berhasil menjalankan usahanya, mengikuti pergerakan teknologi komunikasi yang digunakan oleh masyarakat luas dengan tujuan agar produk atau jasa yang ditawarkan tidak hanya dapat diketahui oleh target pasar, melainkan secara konsisten dapat meningkatkan penjualannya.

Secara praktis ketiga UKM ini akan dibuatkan konten/ material promosi untuk mendukung kegiatan pemasaran inboundnya pada media online seperti website dan beberapa e-poster untuk digunakan pada beberapa saluran media, seperti instagaram, facebook atau whatsapp.

Berikut ini contoh hasil pembuatan desain dari ketiga UKM binaan Dinas Koperasi UMKM Kabupatan Bandung tersebut.

[:]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *