Perancangan POSTER visi dan misi di SMA Daarut Tauhiid Boarding School

Perancangan POSTER visi dan misi di SMA Daarut Tauhiid Boarding School

Ditengah masa adaptasi post pandemi COVID-19 menjadikan kegiatan atau aktivitas organisasi memerlukan penyegaran dan pengingat untuk kembali dalam beraktivitas dalam mensukseskan tujuan organisasi. Tujuan institusi pendidikan tentu memiliki ciri khas yang mempengaruhi pola dalam system pengajaran dan pembelajarannya. SMA Daarut Tauhiid memiliki tujuan pendidikan yang sudah teruji dan dikenal secara nasional sesuai dengan harapan dari orang tua peserta didik agar mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan karakter baik dan kuat.

Permasalahan timbul setelah penerapan adaptasi post pandemi dalam melakukan kebiasaan baru. Tentunya banyak hal yang harus dibiasakan setelah hampir dua tahun tidak berada di situasi sebelum wabah covid. Managemen sekolah dan pihak Yayasan mengantisipasi agar pihak stakeholder sekolah yang terdiri dari guru-guru, staf, karyawan dan seluruh murid sekolah agar tetap memiliki kesadaran dan mengingat akan tujuan bersama Lembaga pendidikan Daarut Tauhiid.

Poster visi misi merupakan salah satu agenda media dalam upaya memperkuat pesan dan pemahaman akan visi misi dan tujuan organisasi dapat diingat kembali oleh seluruh lapisan dan komponen pendidikan di sekolah Daarut Tauhiid. Kebijakan ini menjadikan media statis poster yang terpasang dan terbaca secara legibility maupun visibilitynya agar stakeholder sekolah sebagai komponennya dapat membaca dan menyimak isi dari poster tersebut sebelum bekerja. Pemasangan dan penyebaran poster terdiri dari dua item yang berukuran besar A0 yang terpampang pada bagian front office dan A3 yang tersebar di koridor kelas SMA Daarut Tauhiid.

Poster dirancang secara bertahap dimulai dari tahapan survei yang dilakukan sebagai proses awal dalam mengenal objek. Survei terdiri dari observasi, wawancara, diskusidengan pihak sekolah yang menjelaskan berkaitan dengan permasalahan yang terdapat pada objek sasar.

  1. Tahap Persiapan ( Kamis, 20 July 2021)
  2. Tahap Pelaksanaan ( Kamis, 3 November 2021)

Kegiatan Abdimas dilaksankan pada awal bulan November setelah seluruh persiapan selesai dan proses perancangan dan produksi telah dilakukan, poster dicetak dalam ukuran besar dan kecil. Posisi peletakan disesuaikan dengan kebutuhan akan informasi yang terlihat dan terbaca oleh masyarakat sekolah. Diharapkan dapat menambah kesadaran dan dapat meningkatkan pencapaian tujuan organisasi.

Foto Kegiatan:

Penyerahan Poster oleh Perwakilan Tim

Video Kegiatan:

Tim Abdimas:

  • Gema Ari Prahara, S.Sn, M.Ds
  • DR. Didit Widiatmoko S

Leave a Comment

Your email address will not be published.