Workshop  Multimedia Interaktif melalui Aplikasi Power Point bagi Para Guru di SMA Daarut Tauhiid Boarding School

Workshop Multimedia Interaktif melalui Aplikasi Power Point bagi Para Guru di SMA Daarut Tauhiid Boarding School

Pandemi COVID-19 muncul berbagai masalah yang juga berdampak pada sektor pendidikan seperti yang telah diuraikan diatas. Berbagai macam solusi dirumuskan untuk menyelesaikan permasalahn baru maupun yang bersifat klasik dalam proses pelaksanaan pendidikan. SMA Daarut Tauhiid Boarding School sesuai dengan Visi dan Misinya memiliki tekad untuk peka terhadap perubahan dan inovasi dan senantiasa beradaptasi secara cepat dengan berbagai macam keadaan yang ada khususnya pada situasi wabah COVID-19 ini.

Permasalahan terkait dengan menurunnya kualitas pembelajaran karena situasi hari ini menuntut pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dan bersifat daring dapat diatasi dengan meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun dan menyajikan materi pembelajaran. Media pembelajaran berbasis pada karya multimedia interaktif dapat menjadi dari masalah diatas dan meningkatkan kreativitas guru maupun para siswa. Umumnya, otak akan lebih mudah dan lama menyimpan ingatan yang tersimpan di otak kanan berupa inputan informasi dengan pengantar gambar, musik, warna dan media-media bergerak.

Diharapkan dengan penyajian berbasis multimedia interaktif pembelajaran menjadi lebih menarik dan para siswa pun lebih antusias dan mudah menerima informasi dan ilmu yang disampaikan guru. Juga bagi para guru dapat memudahkan pelaksanaan pembelajaran, meningkatkan skill media pembelajaran berbasis ICT dan dapat menjaga kondusifitas pembelajaran di kelas virtual.

Media pembelajaran berbasis pada multimedia interaktif juga dapat meningkatkan kepekaan guru dan siswa atau siapapun yang terlibat dengan proses pendidikan bahwa peran inovasi ICT melalui media seni rupa dan desain tidak dapat teralakan lagi. Perubahan pasti ada dan para guru perlu terus meningkatkan kualitas penguasaan media berbasis ICT ini kedepan. Meningkatkan jam terbang mereka dengan media digital dan jangan sampai gaptek (gagap teknologi) dalam sebuah produk kreativitas. Karena guru harus selalu menjadi insan pembelajar dan peka terhadap inovasi. Apabila guru berhenti belajar maka sulit untuk mengajar. Berhubung ilmu yang diajarkan media yang disajikan akan terus berlomba dengan percepatan zaman. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dapat diterapkan pada setiap mata pelajaran baik itu praktik maupun teori.

Pelaksanaan kegiatan berupa Seminar dan Workshop dilakukan secara daring pada tanggal 13 November 2020. Seminar tentang studi kreativitas dan design strategy dalam proses belajar mengajar khususya dalam proses pembelajaran juga tentang pengetahun seputar produk multimedia dan kontribusinya untuk peningkatan sebuah proses pembelajaran. Asupan pengetahuan tentang studi kreativitas sangat penting mengingat ini menjadi mindset guru dalam membuat media pembelajaran nantinya. Kemudian diselenggarakan workshop pembuatan media pembelajaran berbasis pada produk multimedia interaktif untuk para guru seluruh mata pelajaran di SMA Daarut Tauhiid Boarding School. Juga ada pemberian hibah aset ilustrasi dan media pendukung untuk menciptakan media interaktif bagi guru.

Tim Abdimas:
Adya Mulya Prajana
Riky Taufik Afif
Gema Ari Prahara
Aditya Setiawan
Yogi Fornanda

Video Kegiatan:

Foto Kegiatan:

(IAZ)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *